Faktor – faktor dalam membina keluarga




Sebuah keluarga yang sejahtera adalah keluarga yang lengkap anggota keluarganya, baik pendidikannya serta lancar komunikasinya. Hal ini sudah dapat dipastikan menjadi faktor yang penting dalam membina keluarga yang sejahtera jika dipandang dari segi pendidikan. Keluarga yang lengkap dengan adanya bapak, ibu dan anak-anak maka akan ada saling mengisi dalam kekosongan antar anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya sehingga dalam keluarga itu dapat saling membantu terhadap suatu hal atau masalah. Sebuah keluarga yang tidak memiliki figur bapak atau ibu akan menimbulkan kekosongan dan akan menimbulkan dampak psikis terhadap anak-anaknya. Begitu pula pasangan suami istri yang belum mempunyai anak dipastikan belum bisa merasakan keluarga yang sejahtera karena dalam keluarga, anak merupakan metode pembelajaran yang baik dan merupakan jalur dalam mengimplikasikan rasa toleransi, sabar serta tanggung jawab yang telah dimiliki oleh manusia mulai dari lahir dan harus dikembangkan sampai akhir hayatnya.

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam membina keluarga sejahtera adalah pendidikan yang baik. Hal ini dikarenakan lingkungan rumah yang kurang baik dapat mempengaruhi pendidikan dalam rumah. Karena hal sekecil apapun dalam keluarga merupakan metode pendidikan, baik bagi orang tua itu sendiri maupun bagi anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Maka dari itu, pendidikan yang baik dalam ruang lingkup keluarga akan menciptakan kehidupan seseorang yang baik pula tetapi pendidikan yang buruk dalam ruang lingkup keluarga akan menciptakan kehidupan seseorang yang buruk pula. Untuk itu, keluarga perlu berperan aktif agar nantinya salah satu anggota keluarga itu dapat menjadi manusia yang lebih baik untuk keluarga lain, masyarakat dan orang banyak.

Yang terakhir yang perlu diingat adalah lancarnya komunikasi dalam sebuah keluarga yang dapat menjadikan keluarga itu harmonis nantinya atau tidak. Karena jikalau komunikasi tidak lancar maka tidak akan ada proses timbal balik yang baik dalam keluarga tersebut. Komunikasi diperlukan agar pendidikan dalam keluarga dapat berjalan dengan baik. Individu yang hanya sibuk dengan dunianya maka akan menghasilkan keluarga yang fakum sehingga dapat menjadi keluarga yang tidak sejahtera.

Itulah yang perlu diketahui dalam membina keluarga sejahtera dari segi pendidikan. Jadi sebenarnya bukanlah material atau Keuangan suatu keluarga yang menjadikannya sejahtera tetapi ada faktor-faktor tertentu yang membuatnya sejahtera, yakni kelengkapan anggota keluarga, penddikan yang baik serta komunikasi yang lancar antar satu sama lainnya.
Bukan hanya itu saja ada beberapa hal yang erupakan faktor pendukung sejahteranya suatu keluarga yaitu terpenuhinya kewajiban antara  lain:
A.      Kewajiban suami terhadap Istri
B.      Kewajiban Istri terhadap suai
C.      Kewajiban orang tua terhadap anak
D.      Kewajiban anak kerhadap orang tua
E.       Kewajiban keluarga terhadap lingkungan
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics