Profil Anggota DPD RI Asal Aceh Periode 2014-2019

Anggota DPD
Anggota DPD
Letung, Jemaja.

Melalui SK KPU nomor 417, KPU RI telah menetapkan calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI masa bakti 2014-2019. Setiap provinsi mendapat jatah 4 orang senator. Mewakili aceh, empat nama yang lolos adalah: Fachrul Razi (345.915 suara), Ghazali Abbas (144.505 suara), Sudirman (136.964 suara) serta Rafli (134.509 suara).

Agar kita semua lebih mengenal keempat orang yang akan mewakili kita di parlemen nanti, maka master hadirkan profil singkat dari keempat senator tersebut. Profil ini dirangkum dari FB, Website, serta berita online.

1. Facrul Razi
Dikutip dari web pribadi yang bersangkutan (http://fachrulrazi.asia/id), Facrul Razi bergelar M.I.P, yakni magister ilmu politik dari Universitas Indonesia, secara kemampuan berpolitik tidak lagi diragukan. Posisi dan jabatan yang diembannya sekarang juga mencerminkan dia sebagai seorang pemimpin muda yang cerdas dan berwibawa. Sebagai juru bicara partai Aceh, Fahcrul Razi selalu dapat membaca peta perpolitikan aceh dengan baik. Selain itu, anak muda yang dalam Partai Aceh sering disebut Guree ini adalah salah satu trainer tetap untuk setiap pelatihan politik kader partai aceh.

2. Ghazali Abbas
Diantara semua Anggota DPD yang telah dinyatakan lolos, Ghyazali Abbas dapat dikatakan paling senior baik dari segi umur maupun pengalaman politiknya. Pernah dua periode menjadi anggota DPR RI melalui partai Persatuan Pembangunan. Ghazali abbas, selain seorang politisi, juga merupakan seorang Ulama yang sering memberikan ceramah diberbagai tempat. Lulusan Uin Syarif Hidayatullah ini pernah menjadi guru dan dosen serta memiliki pengalaman oraganisasi yang banyak. Master pernah bertemu langsung dengan yang bersangkutan dan master berpendapat bahwa beliau adalah orang yang cerdas dan peduli kepada masalah-masalah bangsa ini khususnya Aceh.

3. Sudirman
Sudirman mungkin kurang akrap ditelinga kita. Namun jika dikatakan Haji Uma, hampir dipastikan seluruh orang aceh mengenalnya. Komedian aceh yang dikenal garang dan selalu membawa parang ini pada dasarnya adalah Anggota Partai Aceh. Kemampuan profesional dari Sudirman, mungkin sedikit yang tau, adalah seorang peneliti lembaga yang bergerak dibidang dakwah, hukum dan budaya. Sebagai seorang pendakwah, Sudirman selalu menitipkan pesan pesan tentang kejujuran dan patriotisme dan juga kebudayaan aceh. Sudirman memiliki misi di Senayan untuk memperjuangkan penerapan MoU Helsinki secara utuh.

4. Rafli
Lelaki kelahiran Samadua, aceh selatan tahun 1967 ini dikenal luas sebagai maestro musik aceh. Dalam sebuah wawancara, Rafli mengatakan majunya dia sebagai DPD dikarenakan ingin memperjuangkan nasib rakyat aceh yang kondisi sosialnya kini makin mencekam. Karena perjuangan melalui jalur budaya(lagu) sudah dicoba namun hanya dianggap hiburan tampa dimaknai secara mendalam. Mantan PNS guru di Kementerian Agama ini memilih berpolitik diwilayah DPD karena bisa terbebas dari kepentingan partai, namun di Senayan nanti, beliau akan bekerja sama dengan semua anggota DPR RI asal Aceh untuk membangun aceh kedepan.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics