3 Mesjid Utama dalam Islam



Letung, Jemaja.

Membaca berita tentang perebutan masjidil aqsa antara polisi israel dengan demonstran palestina, jadi termotivasi untuk menulis tentang mesjid-mesjid utama dalam islam. setahu saya dan ustad saya, ada tiga mesjid dalam islam yang memiliki nilai lebih daripada mesjid-mesjid lain di dunia ini. Ketiga masjid tersebut adalah Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan tentu saja Masjid al Aqsa.

1. Masjidil Haram
masjidil haram
masjidil haram
Alkisah Masjidil Haram sudah ada sebelum manusia. Masjidil Haram menjadi tempat bagi para malaikat untuk memuja Allah di bumi. Namun masjidil haram mengalami kerusakan akibat badai dan hal-hal lain. Masjidil Haram dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim A.S dengan dibantu oleh anaknya Ismail. Semenjak saat itu, wilayah Mekah yang dahulunya sepi menjadi ramai dan berubah menjadi kota yang maju.


beberapa keistimewaan masjidil Haram bagi umat islam adalah:
1. Terletak dibawah Arasy atau singgasana Allah.
2. Tempat beradanya Ka'bah yang merupakan arah menghadap dalam shalat.
3. Berada di wilayah tanah suci (tanah Haram) yang mana dilarang menumpahkan darah di sana.
4. Terdapat tempat-tempat suci peninggalan nabi Ibrahim dan Ismail
5. Shalat di Masjidil Haram lebih baik 100.000 kali dari shalat di mesjid lain

2. Masjid Nabawi
nabawi
masjid nabawi
Masjid Nabawi didirikan oleh rasulullah begitu beliau sampai di madinah. Masjid ini dikenal juga dengan sebutan masjid Rasulullah.
Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudlah (= taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah swt. Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah saw.

Makam Baginda Rasulullah juga dimakamkan di mesjid ini, pada awalnya, makam Rasulullah berada di luar Masjid. Namun karena perluasan Masjid, maka Makam Rasulullah dan dua sahabat utama beliau sekarang menjadi bagian dari Masjid Nabawi.
Salah satu Keistimewaan Masjid Nabawi adalah jika seseorang shalat di mesjid Nabawi, itu lebih baik dari 1000 kali shalat di mesjid lain.

3. Mesjid al- Aqsa
masjid al aqsa
Masjid Al-Aqsa
Masjid al-Aqsa adalah masjid kedua yang dibangun didunia. Setelah masjid pertama adalah Masjidil Haram. Jeda waktu antara dibangunnya Masjidil Haram dengan Masjid Al Aqsa menurut suatu riwayat adalah 40 Tahun.

Masjid Al-Aqsa memiliki beberapa keistimewaan dalam islam. Masjid ini merupakan salah satu mesjid yang dikunjungi Nabi Muhammad dalam peristiwa Israk Mi'raj. Selain itu, Masjid ini merupakan arah kiblat pertama umat islam. Sebelum turun perintah untuk menggantinya dengan Ka'bah.

Msjid Al-Aqsa telah banyak menumpahkan darah para Syuhada dalam mempertahankannya. Baik dikala perang Salib pada saat islam masih berjaya dengan kekaisaran Ottoman, Maupun sekarang. Masa sekarang, wilayah Masjid al-Aqsa merupakan perebutan antara negara Palestina dengan negara Israel. Dalam pertempuran ini, telah banyak para Syuhada Palestina yang syahid. Mari kita doakan agar Para Syuhada yang berusaha merebut Masjid Al-Aqsa dari Yahudi Israel mendapat kemulian disisi Allah.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics