5 Virus Paling Sering Menyerang Android dan Pencegahnya

Letung, Jemaja

Punya Smartphone tapi belum Android? itu namanya belum smart. yah begitulah anggapan kita-kita yang sekarang terserang virus robot ijo. namun taukah anda bahwa ternyata Android rentan terserang oleh 5 virus dibawah ini?. biar jadi pemakai cerdas, yok lihat lima virus yang paling sering menyerang android.

1. Andr/PJApps-C.
Virus ini termasik kedalam tipe Trojan. Ketika antivirus Sophos mendeteksi sebuah aplikasi terkena malware ini, berarti aplikasi tersebut telah di-crack menggunakan tool cracker yang tersedia secara umum. Malware jenis ini tidak terlalu berbahaya.

2. Andr/BBridge-A.
Virus ini termasuk kedalam kelompok Trojan. Juga dikenal sebagai BaseBridge. Virus ini menggunakan previlege escalation untuk menyusup kedalam sistem dan kemudian meng-install aplikasi berbahaya kedalam perangkat Android. Malware ini mengunakan protokol HTTP untuk berhubungan dengan pusat server dan kemudian mengirimkan informasi berharga yang terdapat pada perangkat Android yang diserangnya. Bahayanya lagi malware ini bisa mengirim dan membaca SMS. Malware ini akan men-scan SMS yang masuk dan menghilangkan peringatan bahwa kita telah dikenakan biaya pengunaan SMS premium.


3. Andr/BatteryD-A.
Malware ini juga termasuk Trojan memiliki nama lain Trojan.AndroidOS.FakeDoc.b. Malware ini kan membuat aplikasi "Battery Doctor" yang memberitahukan bahwa aplikasi ini akan menghemat penggunaan baterai pada perangkat Android yang diserangnya. Akan tetapi sebenarnya aplikasi ini akan mengirimkan informasi mengenai perangkat Android yang diserangnya dan mengirimnya ke server pusat mengunakan HTTP. Malware ini juga menyebabkan munculnya banyak iklan saat membuka aplikasi.

4. Andr/Generic-S.
Malware ini termasuk dalam kategori Malicious behavior. Malware ini juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan SMS premium tanpa sepengetahuan pemilik perangkat Android yang diserangnnya.

5. Andr/DrSheep-A.
Malware ini termasuk dalam kategori Trojan. Malware ini memiliki kemampuan untuk mengbajak (hack) akun Twitter, Facebook, dan LinkedIn yang aktif pada perangkta Android yang diserangnya. Malware ini memiliki nama lain HackTool.AndroidOS.DroidSheep.

Referensi:
http://androbana.blogspot.com/2012/06/5-jenis-virus-android-yang-paling.html
http://nakedsecurity.sophos.com/2012/06/14/top-five-android-malware/

Tapi, jangan khawatir, tinggal pasang anti virus aja. Dibawah saya memberi 3 pilihan anti virus yang bisa anda download.

1. Avast Android Mobile Security
Siapa yang tak tau Avast, ini memang antivirus yang sudah diakui dunia. untuk download sila kunjungi https://play.google.com/store/apps/details?id=com.avast.android.mobilesecurity

2. AVG Mobile Antivirus Security
Pengalaman AVG dalam berperang dengan Virus sungguh telah lama. ini laman downloadnya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.antivirus

3. NQ Antivirus Free
Ini memang tidak terlalu terkenal, namun lumayan baik juga hasinya. silahkan jika ingin download https://play.google.com/store/apps/details?id=com.zrgiu.antivirus

Sekian hari ini dalam membahas Virus di Android.
Wassalam
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics